Minggu, 23 Desember 2012

PROSES DAN INTERAKSI SOSIAL


PENGERTIAN
    Proses interaksi sosial adalah cara-cara berhubungan yang melihat apabila orang perorangan dan kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk-bentuk hubungan atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang menyebabkan goyahnya pola kehidupan yang telah ada.
    Bentuk umum proses sosial adalah interaksi sosial oleh karena itu interaksi sosial merupakan syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial.
    secara teoritis,ada 2 syarat terjadinya interaksi sosial
           1. Adanya kontak sosial(usaha pendekatan pertemuan fisik dan rohaniah)
           2. Adanya komunikasi( usaha penyampaian informasi kepada orang lain.

FAKTOR PENDORONG INTERAKSI SOSIAL
a)IMITASI, Yaitu suatu tindakan meniru orang lain yang di lakukan dlam berbagai bentuk, seperti gaya bicara,tingah laku,dan pola pikir
     Menurut chorus syarat dalam mengimitasi adalah adanya perhatian terhadap objek yang akan di tiru serta adanya sikap menghargai,mengagumi dan memahami sesuatu yang akan di tiru
b) SUGESTI, Yang muncul ketika si penerima sedang dalam kondisi yang tidak netral atau tidak berpikir rasional.umumnya sugesti berasal dari orang yang mempunyai wibawa, karismatik, kedudukan tinggi,dari kelompok mayoritas kepada kelompok monoritas
 
C) IDENTIFIKASI, Kecenderungan seseorang untuk sama dengan orang lain,sifatnya lebih mendalami dari pada imitasi, proses identifikasi bisa berlangsung secara sengaja maupun tidak sengaja.
    d) SIMPATI, suatu proses dimanaseseorang merasa tertarik dengan orang lain. Contohnya ketika ada tetangga yang berusaha untuk membantu,simpati lebih banyak terlihat pada hubungan sebaya dan lain-lain.
    e) EMPATI, simpati mendalam yang dapat mempengaruhi kejiwaan dan fisik seseorang, seperti ibu akan merasa kesepian ketika anaknya bersekolah ke luar kota,ia akan memikirkan anaknya sehingga ia jatuh sakit.
C)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar